Kabar Desa

Kejari Didesak Tuntaskan Dugaan Korupsi Aik Berik

Temuan LHP Inspektorat Rp. 149 Juta

BATUKLIANG UTARA/tribunlombok.net–Kejaksaan Negeri (Kejari) Praya didesak segera menuntaskan penanganan dugaan korupsi APBDes Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara. Kasus APBDes yang diduga menelan kerugian hingga sekitar Rp. 800 juta ini telah dilaporkan ke Kejari Praya sejak April lalu.
Kalkulasi kerugian yang timbul dalam kasus APBDes Aik Berik 2017 muncul karena beberapa hal. Misalnya adanya program piktif untuk kegiatan fisik maupun program pemberdayaan masyarakat.
Salah satu tokoh Muda Desa Aik Berik, Zaenul dalam keterangan persnya di hadapan awak media menjelaskan, terdapat sekitar 14 item kejanggalan di APBDes yang dilaporkan warga. Diantaranya belanja komputer sekitar Rp. 19,2 juta, belanja meubeler kantor Rp, 4,5 juta, operasional BPD Rp. 21 juta, operasional RT/RW Rp. 11 juta. “Kami juga melaporkan dugaan korupsi pembangunan kantor desa sebesar Rp. 123 juta,” terang Zaenul.
Tidak hanya itu, Zaenul melaporkan dugaan sejumlah program piktif. Misalnya rabat di Aik Berik Barat senilai Rp. 210 juta dan program penataan lingkungan pemukiman sebesar Rp. 74,5 juta.
“Pengelolaan anggaran sarana dan prasarana Posyandu sebesar Rp. 72 juta juga menjadi bagian yang kami laporkan. Dana Posyandu dicairkan sebelum kegiatan dilakukan. Saat kegiatan akan dimulai, TPK justru pinjam uang di Bendahara Desa sekitar Rp. 33 juta,” bebernya.
Masih di program Posyandu, operasional Kader Posyandu juga menjadi bagian yang dilaporkan. Operasional sebesar Rp. 30 juta tidak jelas jeruntungnya. Terkait hal ini, kader di Desa Aik Berik sempat protes ke kantor desa.
“Masih banyak yang lainnya. Misal Anggaran PHBI sebesar Rp. 24 juta. Anggaran pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kapasitas aparatur desa sebesar Rp. 249 juta. Bahkan Dana Bumdes Rp. 140 juta tidak jelas pertanggung jawabannya,” ujarnya.
Dijelaskan, terhadap sejumlah dugaan korupsi di atas, masyarakat sempat dipanggil tiga kali oleh Kejari Praya untuk dimintai keterangan di Bagian Intel Kejari. Namun setelah itu tidak ada tindak lanjut yang jelas.
“Inspektorat bahkan telah melakukan audit. Dalam LHP Inspektorat ditemukan kerugian sekitar Rp. 149 juta,” terangnya.
Hanya saja, LHP Inspektorat tersebut hanya mengaudit beberapa kegiatan. Seperti pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kapasitas aparatur. Sementara kegiatan fisik yang diduga piktif dan menimbulkan banyak kerugian justru tidak masuk bagian yang diaudit.
Sementara itu, Wakil Ketua BPD Aik Berik, H Rohadi didampingi Anggota BPD, Lalu Zaenudin menjelaskan, pengelolaan APBDes Aik Berik tahun 2017, amburadul. Laporan pertanggung jawaban APBDes juga tidak pernah disampaikan ke BPD.
“Yang kami herankan, Kepala Desa tidak pernah sampaikan LPJ tahun 2018 ke BPD. Tapi kenapa APBDes 2018 bisa dicairkan. Ada apa ini?,” gumamnya.
BPD selaku kepanjangan tangan masyarakat untuk mengawasi kegiatan desa harusnya mendapat LPJ dari setiap item pengelolaan kegiatan. Namun yanh terjadi di Desa Aik Berik malah sebaliknya.
Karena itu, BPD dan masyarakat lainnya mendorong aparat penegak hukum di Kejari Praya untuk segera menyelesaikan dugaan korupsi yang terjadi di Desa Aik Berik.
Terpisah, Kasi Intel Kejari Praya, Febi yang dikonfirmasi sejumlah wartawan menjelaskan, laporan Aik Berik masih berproses. Penanganan laporan dugaan korupsi di sejumlah desa sempat dikendurkan karena beberapa waktu lalu diadakan proses pilkades di sejumlah desa. Termasuk di Aik Berik. Upaya ini ditempuh untuk menjaga kondusifitas selama Pilkades.(tl-01)

Related Posts

  1. each time i used to read smaller articles or reviews which as well clear their motive, and that is also happening with this post which I am reading here.|

  2. Comprobara que con nuestro servicio de Alquiler de turismos en Alicante Aeropuerto se evitara tener que buscar, comparar precios y condiciones y contactar con las distintas empresas Rent-a-car pues nosotros efectuamos ese trabajo por usted. Todos los alquileres de coches Alicante: estacion de ferrocarril, centro de la ciudad aeropuerto, para reservar un coche al mejor costo solo necesita empezar una busca de alquiler de coches en Alicante. Jetcost, buscador de vehiculos encuentra la mejor tarifa de alquiler de vehiculos Alicante.

  3. It is perfect time to make some plans for the future and it is time to be happy. I have read this post and if I could I wish to suggest you few interesting things or suggestions. Perhaps you could write next articles referring to this article. I want to read even more things about it!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 3 =