Headline

Kasta NTB Sesalkan PDAM Lombok Tengah Buang Limbah ke Sungai Penujak

Lombok Tengah
Tribunlombok.net – Kasta NTB menyesalkan pihak PDAM yang mengabaikan dan apatis terhadap dampak buruk dari dibuangnya limbah pengolahan air bersih mereka ke sungai yang melintasi desa penujak kecamatan praya barat, limbah berupa lumpur kotor yang muncul akibat buangan limbah PDAM tersebut sudah menutup akses pemamfaatan sungai sebagai salah satu alternatif sumber air bagi masyarakat baik itu untuk kepentingan sehari hari untuk mandi dan cuci maupun kepentingan lainnya.

Ketua Kasta Kecamatan praya Barat Lalu Damar wulan mengecam PDAM yang tidak pernah peduli atas keluhan warga yang setiap tahun harus merasakan dampak buruk dari limbah yang terbukti merusak bukan hanya kualitas air di sungai tetapi juga berpotensi membuat warga sakit dan gatal gatal. Temuan kasta NTB di lapangan jelas membuktikan kalau buangan limbah PDAM tersebut sudah membuat warga masyarakat yang berdiam di sepanjang aliran sungai merasa terancam sebab tidak sedikit dari warga yang masih memamfaatkan dan bergantung kepada air sungai terutama saat musim kering seperti ini, kami sudah berkoordinasi dengan pemdes penujak dan sikap kami sama dengan masyarakat menolak adanya pembuangan limbah secara sembarangan oleh pihak PDAM tanpa mempertimbangkan aspek lingkungan dan kesehatan kata lalu Damar.
Ketua pembina kasta NTB Lalu Wink haris menyatakan sangat menyayangkan pembuangan limbah PDAM ke sungai ini, dan meyakini kalau ini dilakukan tanpa kajian AMDAL yang benar, ini jelas melanggar UU nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan Lingkungan hidup tegasnya. Kita meminta kepada semua stake holder di pemkab Loteng baik dinas Ligkyngan Hidup, Dikes maupun Perizinan untuk menyikapi serius keluhan masyarakat ini. Kami sudah surati semua pihak untuk penyelesaian masalah ini katanya menutup rilisnya. ( tl-02 )

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 16 =