Headline

Tingkatkan Kualitas, MIN 1 Loteng Jalin Kerjasama Dengan UIN Mataram

LOTENG-, Tribunlombok.net – Guna memberikan inovasi terbaru dalam dunia pendidikan, MIN 1 Loteng dengan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram menandatangani MoU, kemarin.
Kegiatan dihadiri Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag NTB, HM Ali Fikri, Kepala Kemenag Loteng, H Zamroni Aziz, Dekan Fakultas Tarbiyah, Kasubag Kemenag Loteng dan serta guru lingkup KKM MIN 1 Loteng.
“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas guru di madrasah,” tutur Kepala MIN 1 Loteng, Mahruf.
Ia menambahkan, sebelumnya, madrasah juga sudah menjalin kerjasama dengan Universitas Mataram. MoU ini sebagai dasar bergerak dan berbuat untuk peningkatan kualitas mutu khususnya di madrasah dan lingkup KKM MIN 1 Loteng. Kerjasama ini fokus pada peningkatan kualitas mutu pendidikan agama dan ilmu umum. Yang tentunya aplikasi beberapa kegiatan ada semacam sinergi beberapa praktisi dan pakar dari UIN Mataram untuk membina guru dalam peningkatan mutu dan kualitas pendidikan. Konspenya, kualitas pendidikan ditentukan dari kualitas guru. Kalau guru bagus, murid juga akan bagus. Apalagi di MIN 1 Loteng, latar belakang siswa melalui proses seleksi ketat untuk bisa masuk.
“Artinya kalau dua komponen siswa dan guru ini berjalan, maka akan semakin baik,” ujarnya.
“Sehingga kerjasama dengan dua perguruan tinggi ini bisa meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di madrasah secara umum di Loteng,” sambungnya.
Selain itu, peningkatan kualitas pendidikan, pihaknya saat ini tengah menyiapkan untuk mengembangkan pendidikan Inklusi. Saat ini tengah dipersiapkan tenaga maupun perangkatnya. Hal ini akan semakin dimudahkan mengingat, Mahruf menjadi salah satu penggagas modul yang dipakai secara nasional.
“Sehingga tahun ajaran baru mendatang madrasah akan mulai untuk menerima siswa inklusif atau berkebutuhan khusus,” terang pria yang juga wakil ketua pengembang pendidikan Inklusi nasional ini.
Sementara itu, Kepala Kemenag Loteng, H Zamroni Aziz mengapresiasi inovasi dan kreasi yang sudah dikakukan MIN 1 Loteng ini. Menurutnya, ini akan menjadi modal awal untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan khususnya madrasah di Loteng.
“Harapannya apa yang dilakukan MIN 1 Loteng ini mamlu menjadi contoh bagi madrassh lain. Terimakasih juga kepada UIN Mataram yang sudah MoU dengan madrasah dan kami berharap ada MoU dengan madarasah yang lainnnya,” tuturnya.
Sementara itu, Kabid Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kemenag NTB, HM Ali Fikri juga mengapresiasi langkah dari MIN 1 Loteng. Tujuannya tentu untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah. Apalagi saat ini madrasah sudah mampu bersaing bahkan lebih baik dari sekolah umum.
“Kami tentu memberikan apresiasi bagi madrasah yang punya inovasi untuk mengembangkan pendidikan di madrasah,” ungkapnya.
Dari kerjasama ini pihaknya berencana akan membuat jaringan lebih luas. Tidak cukup hanya antara fakultas dengan madrasah saja. Tapi nanti bagaimana agar UIN Mataram secara keseluruhan bisa bekerjasama dengan Kanwil Kemenag sehingga jangkauannya lebih besar.
“Artinya UIN tidak mesti harus door to door tidak maksimal, sehingga semua komponen harus dikerjasakamakan, baik KUA dan lainnya tidak hanya pada madrasah saja,” pungkasnya. ( tl-02 )

Related Posts

Tinggalkan Balasan