Headline Lombok Tengah

Usia 73 Tahun, Loteng Terus Berjuang Menjadi Daerah Maju

Tribunlombok.net – Tanggal 15 Oktober 2018 ini, Kabupaten Lombok Tengah genap berusia 73 tahun. Dari usianya yang Sudan lebih dari setengah abad ini, Lombok Tengah (Loteng) terus berbenah guna menuju Kabupaten yang lebih baik, lebih maju dan sejahtera. Berbagai program unggulan serta Mega proyek sejauh ini terus diupayakan tidak lain untuk menuju Loteng yang lebih baik.

Dalam kurun perjalanan selama 73 tahun ini, pembangunan di segala bidang terus digalakkan, dan saat ini Lombok Tengah telah mampu menjadi daerah yang dipandang karena pesatnya pembangunan serta kemajuan yang terjadi.

Diantara beberapa Mega proyek atau pembangunan yang telah memberikan dampak yang cukup besar bagi kemajuan Loteng yakni pembangunan Bandara internasional Lombok Yang kemudian diberikan nama Lombok Internasional Airport (LIA). Selain LIA, pembangunan kampus IPDN di Loteng juga telah memberikan dampak yang cukup positif bagi kemajuan Loteng. Kemudian yang tak kalah pentingnya yakni pembangunan Kawasan Ekonomi khusus (KEK) Mandalika yang saat ini sedang dalam proses pembangunan terhadap berbagai fasilitas wisata yang ada telah mampu memberikan dampak kemajuan perekonomian dan kesejahteraan bagi masyarakat. Demikian juga halnya dengan pembangunan kampus Politekpar yang menjadi salah satu harapan kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Berbagai Mega proyek diatas adalah merupakan sebagian dari berbagai program pembangunan yang selama ini dilaksanakan oleh pihak Pemda Loteng. Semua itu tidak lain adalah untuk kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kabupaten Lombok Tengah sendiri bisa menjadi seperti saat ini tidak lepas dari perjuangan serta poengorbanan para pendahulu yang tanpa letih dan lelah tetus berjuang untuk Loteng.

Kabupaten Lombok Tengah terbentuk menjadi otonom berdasarkan Undang-undang Nomor 69 Tahun 1958 tentang Pembentukan daerah-daerah Tingkat II dalam wilayah Daerah-Daerah Tingkat I Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Undang-undang tersebut disahkan pada tanggal 14 Agustus 1958.

Akan tetapi, sebelum Lombok Tengah terbentuk sebagai sebuah wilayah pemerintahan, entitas Lombok Tengah telah ada jauh sebelum itu. Beberapa momentum historis yang menandai keberadaan Lombok Tengah, yakni dengan dikeluarkannya Stb Nomor 248 Tahun 1898. Selanjutnya pada pasca proklamasi, Lombok Tengah secara integral menjadi bagian dari NKRI ditandai dengan pelantikan secara formal Kepala Pemerintahan Setempat Lombok Tengah yang pertama, pada tanggal 15 Oktober 1945. Momentum ini menjadi leverage factor yang memicu tumbuhnya semangat integrasi, patriotisme dan nasionalisme di Kabupaten Lombok Tengah. Selanjutnya momentum ini yang ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Lombok Tengah. (tl – id)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − ten =