Headline

Bupati Suhaili, Kukuhkan Pengurus KTNA Lombok Tengah, Masa Bakti 2020 -2025

Lombok Tengah
Tribunlombok.net – Bupati Lombok Tengah, H.M. Suhaili,FT.,SH. melantik dan mengukuhkan Pengurus Kelompok Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Lombok Tengah, masa bakti 2020 -2025 di Sekretariat Gapoktan Beriuk Maju Desa Pengenjek Kecamatan Jonggat Lombok Tengah, Kamis (6/02/2020).
Kelompok Kontak Tani dan Nelayan Andalan adalah organisasi independen berorientasi pada aktivitas sosial disektor agriculture yang berbasiskan agribisnis dan lingkungan hidup dipedesaan, sehingga pelantikan dan pengukuhan ini dimaksudkan memberi legalitas dan eksistensi kepengurusan KTNA sebelum menjalankan program-program kerja yang diatur daam AD/ART.
Turut hadir dalam acara tersebut semua SKPD se- Kabupaten Lombok Tengah, Camat, Kepala Desa , para Kepala UPT HPT dan Keswan, Penyuluh Pertanian Provinsi, Kabupaten, Koordinator Kecamatan serta Pengurus KTNA Provinsi NTB.
“Saya ucapkan selamat kepada para pengurus KTNA yang baru, semoga dapat menjalankan program kerja sesuai AD/ART dan menjadi mitra pemerintah yang mampu bersinergi dengan steak holder lainnya dalam menjembatani aspirasi petani-nelayan memajukan pertanian , perikanan di Lombok Tengah khususnya, demikian Bupati Suhaili mengawali sambutannya.
Lebih lanjut orang nomor satu di Lombok Tengah ini dalam sambutannya bahwa ,KTNA sebagai wadah harus bekerja mencari dan memberikan solusi petani – nelayan dalam meningkatkan pertanian, perikanan menuju industrialisasi dengan mengubah pola dari penghasil bahan baku menjadi pengolah. Dengan demikian selain memberikan nilai tambah bagi pemasok daerah , juga akan meningkatkan margin petani-nelayan Lombok Tengah. Untuk itu KTNA harus membangun komunikasi dengan pemerintah dan pihak terkait dalam mengatasi segala kesulitan yang dihadapi.
Senada dengan Bupati, Lalu Iskandar,SP.MM., Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah, berharap pengurus KTNA Lombok Tengah dapat menjadi mitra kerja pemerintah dalam melakukan pengembangan pemberdayaan pertanian di wilayah Lombok Tengah . Selain itu, KTNA juga diharapkan bisa mengadvokasi kegiatan-kegiatan pertanian secara keseluruhan, termasuk memantau dan mengarahkan pemanfaatan bantuan-bantuan pemerintah tepat sasaran dan tepat guna.

Kita harapkan antara KTNA dan Dinas Pertanian terjalin sinergisitas dalam melakukan pengembangan pertanian, dan dapat menjadi mitra kerja yang solid. Kelompok Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) perlu difasilitasi dan diberdayakan agar tumbuh dan berkembang menjadi organisasi kuat dan mandiri, sehingga dapat memberikan sumbangsih bagi kesejahteraan petani dan nelayan serta masyarakat di Kabupaten Lombok Tengah pungkasnya.
Sementara itu, Pengurus KTNA yang dilantik dan dikukuhkan adalah Hj. Baiq Mulyati,SIP. sebagai Ketua, Sekretaris I, H. Mutawali, Sekretaris II, Suharlan, Bendahara Hj. B. Sirnawati serta wakil Bendahara Baiq Seniwati. Prosesi pelantikan dan pengukuhan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Penetapan Pengurus Kelompok KTNA Kabupaten Lombok Tengah masa bakti 2020 -2025, selanjutnya pengucapan janji dan sumpah.
Prosesi pengukuhan berlangsung lancar, dipengujung acara dimeriahkan dengan dibukanya acara mancing bersama oleh Bupati Suhaili, dikolam milik Bapak Suharlan yang lokasinya tidak jauh dari acara, setelah mengucap Bismillahirruhmaanirruhim sebagai tanda dimulainya pemancingan kontan sorak peserta menyerbu kolam dan melepas kail yang telah siap berisi umpan masing-masin. ( red )

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × two =