Headline

Wabup Loteng Buka Lomba Pesona Dayung Sampan Bendungan Batujai

Lombok Tengah
Tribunlombok.net – Pada minggu (8/9/2019) kelurahan Sasake melaksanakan kegiatan Lomba Pesona Dayung Sampan tingkat Kelurahan. Kegiatan yang di buka oleh Wakil Bupati Lombok Tengah, H.Lalu Pathul Bahri,S.Ip dan untuk pertama kali digelar di Bendungan Batujai ini berjalan cukup meriah. Ribuan masyarakat tumpah ruah menyaksikan kepiawaian para peserta dalam mendayung dan memacu sampan mereka.

Ketua panitia kegiatan, Muktasid S.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa melalui kegiatan yang mengusung tema “selamatkan sungai dengan berolahraga, tunjukkan kreativitas demi kemajuan bangsa” tersebut, panitia mencoba mengusung beberapa isu strategis yaitu pertama; kondisi sungai saat ini hampir diseluruh indonesia semakin memprihatinkan sehingga saat ini isu tentang sungai merupakan isu nasional.

Kondisi sungai saat ini yang memang tidak bisa dijaga dengannbaik, tentu disebabkan oleh kesadaran masyarakat yg sangat kurang. Oleh karena itu dengan kegiatan semacam ini maka diharapkan paradigma masyarakat akan semakin baik,yaitu bagaimana memanfaatkan potensi genangan tersebut kearah yang lebih baik,sebut saja misalnya Bendungan Batujai, potensi genangannya ini bisa dimanfaatkan bukan hanya sebagai perairan sektor pertanian, akan tetapi bisa juga dimanfaatkan sebagai obyek wisata air. Tentu dengan menjadikanya sebagai salah satu ikon, maka masyarakat akan ikut menjaga kelestarian sungai.

Adapun isu yang kedua yang diusung dari tema tersebut adalah,bagaimana pemerintah kelurahan mencoba membangun mindset masyarakat sesuai dengan sambutan Lurah Sasake, Lalu Maliki S.Ip yaitu untuk pola hidup sehat, maka salah satu indikatornya adalah dengan berolahraga, dan lomba dayung sampan juga merupakan salah satu kegiatan olah raga yang sudah tidak lazim kita dengar.

Selanjutnya isu yang ketiga yang diusung dari tema tersebut adalah, “tunjukkan kreatifitas demi kemajuan bangsa”, ini memiliki muatan isu yang sangat baik, yaitu bagaimana agar masyarakat memiliki kesadaran yang sangat tinggi akan pentingnya memanfaatkan potensi alam yang ada. Adapun posisi kelurahan sasake yang sangat strategis yaitu berada diutara Bandara Internasional Lombok, dan sekaligus juga memiliki potensi waduk terbesar yang ada ditengah tengah kota, tentu ini merupakan karunia yang sangat besar bila kita bisa memanfaatkan potensi tersebut. Sehingga kedepan masyarakat kelurahan sasake juga semakin besar supaya konsep penataan kawasan lingkar bendungan bisa lebih maksimal. Sehingga tentunya bagi semua wisatawan yang berkunjung ke lombok bisa mampir tuk singgah dikelurahan Sasake untuk menikmati wisata air yang ada.
Selain itu rencana pembangunan karapan kuda yang ada diseputaran kelurahan Sasake ini menjadi nilai tambah bagi ikon kelurahan sasake,yaitu memjadikan karapan kuda sebagai obyek wisata. Sehinggabdengan dua ikon yang ada maka sudah barang tentu akan mnjdikan kelurahan Sasake pada khususnya dan Tombok Tengah pada umumnya semakin diminati untuk dikunjungi.
Oleh karena itu masyarakat harus mendukung dan bersinergi dengan pemerintah untuk membangun Lombok Tengah yang lebih maju.
Selain itu Wakil Bupati Lombok Tengah juga sangat mendukung kegiatan serupa, mulai dari kegiatan lomba pesona dayung sampan yang bahkan dalam sambutanya mengatakan agar kedepan peringatan hari lahir Lombok Tengah bisa dirangkai dengan acara seperti ini,sehingga masyarakat dan pemda bersama-sama melaksanakan kegiatan lomba tersebut. Bahka beliau menambahkan, bila perlu kedepan panitia penyelenggara ini bisa kita kirim ke Danau Toba untuk study banding agar kedepan acara ini bisa lebih meriah.
Disamping itu Lalu Pathul Bahri yang oleh masyarakat luas dikenal sebagai orang nomor dua di Lombok Tengah ini sangat fokus terhadap upaya untuk membangun kemajuan kabupaten Lombok Tengah. Tentu itu semata mata dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat.

Setelah selesei sambutan, kemudian dilanjutkan dengan acara pelepasan acara lomba dayung sampan secara simbolis oleh Wakil Bupati didampingi oleh camat Praya Tengah, kapolsek Praya Tengah, perwakilan dinas perikanan, dinas pariwisata dan angkasa pura 1 BIL.

Pelepasan secara simbolis tersebut sekaligus menjadi awal untuk memulai acara lomba yang diikuti oleh 42 tim dari kelurahan Sasake dan Prapen. Adapun untuk kegiatan berikutnya panitia akan mengundang Kelurahan dan desa yang ada di seputaran bendungan Batujai untuk menjadi peserta.

Related Posts

  1. I just want to mention I’m newbie to blogs and certainly loved this blog. Most likely I’m want to bookmark your site . You absolutely have fabulous posts. Thank you for revealing your web site.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 3 =