Headline

Sambut Dicabutnya Permen Larangan Ekspor Benih Lobster, LLA Berharap Pemprov NTB Rebut Kuota

Gubernur NTB, Dr.H.Zulkieflimansyah, M.Sc saat menerima silaturahmi Ketua dan Pengurus LLA yang berlangsung di ruang kerja Gubernur, Selasa (12/05/2020).

Mataram

Tribunlombok.net – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) akan menyurati pemerintah pusat terkait kuota ekspor Benih Lobster menyusul diterbitkannya Permen KP No. 12 Tahun 2020 yang mengubah berbagai ketentuan, salah satunya membolehkan ekspor Lobster dilakukan oleh Menteri Kelautan dan perikanan (KKP) RI, Edhy Prabowo.
Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. NTB, H Yusron Hadi saat mendampingi Gubernur NTB Dr.H.Zulkieflimansyah, M.Sc saat menerima silaturahim Ketum Lombok Lobster Asosiasi (LLA) NTB Muhanan, SH, Sekjen LLA NTB Lalu Khaerul Amjar, Wasekjen LLA NTB Ahmad Said dan Ketua Koperasi Laut Lombok Gemilang, Lalu Damar Wulan yang berlangsung di ruang kerja Gubernur, Selasa (12/05/2020).

Awalnya Pasal 7 ayat (1) Permen KP No. 56 Tahun 2016 besutan Ibu Susi terdapat ketentuan, “Setiap orang dilarang menjual benih lobster untuk budidaya.” Namun dalam Permen KP No. 12 Tahun 2020 ketentuan ini dihapus. Permen KP No. 12 Tahun 2020 lantas menambah ketentuan tentang benih lobster yang dijelaskan dengan diksi “Benih bening lobster”.

“Nanti bisa saja kita bersurat minta Kuota Benih Lobster untuk NTB,”ucap H. Yusron.

Selain akan melayangkan surat permintaan Kuota Benih Lobster, kata H. Yusron, Pemprov NTB juga akan menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) untuk melindungi Nelayan di NTB.”Nanti juga akan ada Pergub untuk melindungi nelayan,”ujarnya.

Dihadapan Gubernur NTB, Ketum LLA NTB, Muhanan, SH menyampaikan sejumlah harapan Nelayan, khususnya petani, nelayan dan budaya Lobster pasca diterbitkannya Permen KP 12 Tahun 2020.

“Harapan kami Pengusaha lokal menjadi tuan rumah didaerah sendiri. Untuk itu LLA berharap Pemprov NTB bisa memberikan kepercayaan penuh kepada Koperasi Laut Lombok Gemilang untuk mendapakan kuota eksport benih Lobster,”harapnya.

Sementara itu Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, M.Sc menyambut baik apa yang disampaikan oleh LLA tersebut. Pihaknya mengharapkan hal tersebut supaya segera dikomuikasikan lebih lanjut dengan SKPD terkait, yakni Dinas Kelautan dan Perikanan NTB.

“Silahkan dikomunikasikan dan dibahas lebih lanjut, guna mencari formula serta solusi terbaik,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga menyampaikan bahwa, kedepannya lembaga-lembaga kemasyarakatan termasuk LSM yang ada harus bisa ikut berperan dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan yang ada. Termasuk juga dalam ikut serta membantu pemerintah dalam upaya menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi terkait pelaksanaan pembangunan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − ten =