Headline

Sangkep Warige Putuskan Nyale Akan Tumpah Tanggal 3-4 Maret 2021

Lombok Tengah, Tribunlombok.net – Setelah melalui perdebatan yang cukup panjang dan alot, akhirnya Sangkeo Warige penetapan hari H pelaksanaan Bau Nyale 2021 yang dilaksanakan oleh Blok Pujut, Sabtu (16/01/2021) memutuskan dan menetapkan kalau Nyale akan Tumpah atau banyak keluar pada tanggal 3-4 Maret 2021.

Sangkep Warige yang dilaksanakan di dusun Ende, Desa Sengkol, Kecamatan Pujut tersebut dihadiri oleh ketua Majelis Adat Sasak (MAS) H.Lalu Bayu Windia, dari Rowot Sasak, H.Lalu Agus Fathurrahman, perwakilan AMAN, Plt.Kadis Pariwisata Lombok Tengah, H.Lendek Jayadi, perwakilan dari Forum Kepala Desa (FKD) Kecamatan Pujut, Tokoh agama, tokoh masyarakat, serta tokoh adat dan budaya serta pihak undangan lainnya.

Diskusi serta perdebatan alot sempat terjadi antara para tokoh yang hadir terkait penentuan hari H pelaksanaan Bau Nyale 2021. Pada kesempatan tersebut, sempat mencuat dua pendapat atau versi yakni dari versi pihak Rowot Sasak yang berdasarkan hitungan tanggal Rowot, dimana tanggal 20 bulan 10 penanggalan Sasak jatuh pada tanggal 2-3 Februari 2021. Namun dari versi atau pendapat tokoh masyarakat yakni Nyale diprediksi akan muncyul atau tumpah pada tanggal 3-4 maret 2021.

Perdebatan pun tidak bisa dihindari, sebab jika merujuk pada legenda Bau Nyale atau legenda putri Mandalika, pelaksanaan Bau Nyale jatuh pada setiap tanggal 20 bulan 10 penanggalan Sasak. Namun sejumlah tokoh masyarakat yang hadir lebih mengacu pada pertanda alam yang terjadi. Dimana berdasarkan hitungan dan bacaan sejumlah tokoh, kalau Nyale akan keluar atau tumpah pada tanggal 3-4 Maret 2021. Dan sekaligus tanggal tersebut disepakati sebagai waktu pelaksanaan bau Nyale 2021.

Namun para tokoh yang hadir pada sangkep Warige tersebut tidak melarang masyarakat jika mempunyai hitungan berbeda terkait hari H bau Nyale. (tl-02)

Related Posts

Tinggalkan Balasan