Headline

Peduli Dengan Peternak, H.Hasan Rahman Layak Menjadi Next Bupati Lotim

Lombok Timur, Tribunlombok.net – Di temui di kandang sapinya, Ketua Kelompok Ternak Pade Girang Lendang Nangka Amaq Toni menceritakan pengalamnnya dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dapil Masbagik Haji Hasan Rahman Kamis (15/7/2021).

Sejak 7 tahun yang lalu, kami mendengar nama Bapak hasan Rahman, dan banyak kelompok ternak yang mendapatkan bantuan dan pembinaan oleh beliau ungkap Amaq Toni. Begitupun juga dengan kelompok kami ini. “Kami dibantu ternak sapi oleh Bapak Hasan Rahman sejak tahun 2016 yang lalu” ungkap Amaq Toni.

Masyarakat  Lombok Timur adalah masyarakat yang berperadaban beternak, khususnya sapi. Selain itu, kondisi alam Lombok Timur cocok untuk bebagai jenis sapi. Mulai dari ras Bali, Hissar, Simental, Brangus, limousine, Frisian Holstein dan sapi-sapi hasil persilangan.

Kondisi tersebut merupakan potensi luar biasa untuk dikembangkan menjadi komoditas unggulan daerah berbasis sumberdaya local serta menjadi upaya meningkatkan  ketahanan pangan dan kualitas sumber daya manusia. Prospek pegembangan sapi di Lombok Timur sangat menjanjikan, ditunjang populasi yang besar, ketersediaan lahan dan pakan ternak, budaya masyarakat, dan potensi pasar yang masih terbuka, baik pasar local maupun luar daerah.

Di Nusa Tenggara Barat maupun secara Nasional, posisi Lombok Timur sebagai daerah peternak sapi tidak bisa diremehkan. Lombok Timur merupakan salah satu daerah sumber ternak bibit dan ternak potong naional. Setiap tahunnya Lombok Timur memberikan kontribusi sebagai penyedia bibit sapi mencapai 12 ribu ekor untuk 14 provinsi di Indonesia. Dukungan Lombok Timur terhadap Program Percepatan Swasembada Daging Sapi (P2SDS) Nasional juga sangat besar, mencapai 19.728 ekor pertahun.

Sebagai daerah peternak sapi, Lombok Timur memiliki daya saing komparatif secara nasional: (1) populasi sapinya termasuk penyumbang sapi nasional, (2) ternak sapi sebagai modal sosial yang turun temurun dan melekat di masyarakat, (3) kondisi geografi Lombok Timur cocok untuk pengembangan peternakan sapi, (4) tempat pemurnian sapi Bali Nasional, (5) daya dukung SDA cukup tersedia, (6) bebas berbagai penyakit hewan menular strategis, (7) daerah surplus sapi, (8) sumber ternak bibit dan ternak potong nasional.

”Pemimpin Lombok Timur kedepannya adalah pemimpin yang paham dengan potensi lokal dan peduli dengan masyarakat khususnya peternak, sehingga H. Hasan Rahman sangat cocok menjadi Bupati Lombok Timur periode berikutnya” ungkap Amaq Toni. (tl-02/*)

Related Posts

Tinggalkan Balasan