Headline

Petani Tembakau Merugi, Kasta NTB Gedor Kantor Gubernur

Mataram
Tribunlombok.net – Hari ini Rabo 18 september 2019 LSM KASTA NTB menggedor kantor gubernur NTB di mataram menuntut penyelesaian persoalan hasil pertanian petani berupa komoditi tembakau yang pada musim tanam tahun ini berpotensi terjadi overload produksi yang mengakibatkan terjadinya potensi tembakau petani tidak bisa dibeli seluruhnya oleh pengusaha sehingga mengakibatkan petani merugi besar. Situasi ini menurut ketua pembina Kasta NTB tidak boleh dibiarkan terus berlarut menjadi masalah setiap tahun maka seharusnya pemprop NTB harus segera meninjau dan merevisi kembali regulasi yang berkait dengan tata kelola tanaman tembakau ini terutama Perda nOmor 4 tahun 2006 dan Pergub nomor 2 tahun 2007 tentang usaha budidaya dan kemitraan perkebunan tembakau yang mengandung konten diskriminasi yang sangat kuat antara petani mitra dan non mitra sebagai solusi yang komprehensif agar tidak ada lagi persoalan petani tembakau yang selalu saja terjadi setiap tahun. Lalu Wink menyatakan kalau ini dibiarkan maka pemerintah sama saja melegalkan praktek praktek neo kolonialisme ala VOC dimana semua kendali penuh ada di tangan pengusaha baik yang berkaitan dengan kuota jumlah dan harga pembelian tembakau petani serta sama sekali tidak mengakomodir kepentingan petani non mitra. Pemprop harus berani tegas kepada seluruh pengusaha tembakau agar sebisanya menerima keseluruhan produk tembakau petani tanpa diskriminasi dan jangan hanya berpikir keuntungan sendiri tanpa mau peduli apakah petani akan rugi atau tidak. Pola kemitraan ini ternyata banyak disalah gunakan oleh petani mitra untuk menjadi calo bagi petani non mitra dengan membeli tembakau petani non mitra dengan harga rendah. Dalam kasus ini tentu peran pemerintah tidak boleh pasif dan harus segera menerbitkan aturan baru yang merangkul dan melindungi semua petani tanpa terkecuali.
Kepala Dinas pertanian dan perkebunan propinsi NTB ir Husnul Fauzi M.si yang menerima peserta aksi dari KAsta NTB menyatakan sepakat atas wacana revisi pergub nomor 2 thun 2007 tersebut dan akan segera berkoordinasi dengan bagian hukum untuk menggodok pergub baru setelah melaporkannya ke pak gubernur dan berjanji pada hari jumat yang akan datang bersama Kasta NTB akan turun sidak ke gudang gudang perusahaan yang membeli tembakau petani. Hadir menerima peserta aksi tersebut disamping kepala dinas pertanian dan perkebunan juga Kepala Dinas perindustrian dan perdagangan serta asisten II setda NTB.
Pada kesempatan dialog tersebut juga Pengurus DPD KASTA NTB kabupaten Lombok utara Tarfin Adam mengecam penanganan masalah korban gempa yang sangat lambat oleh semua pihak baik pemkab KLU maupun pemprop NTB yang sepertinya tidak serius menuntaskannya karena ternyata situasi di KLU saat ini sangat lambat progres penanganannya, menjawab pernyataan tersebut asisten II setda NTB menyatakan akan mereview kembali setiap program yang pernah ada karena untuk urusan pendanaan sepenuhnya wewenang pemerintah pusat dan posisi pemprop hanya koordinatif maka pihaknya akan berkoordinasi dengan semua pihak terutama menyelesaikan masalah pendataan yang diakui memang masih bermasalah.
Setelah aksi dan dialog berjalan selama hampir dua jam massa kemudian membubarkan diri dengan kesepakatan bahwa pemprop setuju atas usulan perubahan pergub nomor 2 tahun 2007, setuju untuk menekan semua perusahaan agar menerima semua produksi tembakau petani.

Related Posts

  1. Nice post. I was checking continuously this blog and I am impressed! Extremely helpful info particularly the last part 🙂 I care for such information much. I was seeking this particular information for a very long time. Thank you and best of luck.

  2. Thank you a bunch for sharing this with all of us you really recognise what you are talking about! Bookmarked. Kindly also seek advice from my web site =). We could have a hyperlink trade contract among us!

  3. Unquestionably imagine that that you stated. Your favourite justification appeared to be on the web the simplest factor to understand of. I say to you, I certainly get irked while other people consider concerns that they just do not recognise about. You managed to hit the nail upon the top and also defined out the entire thing with no need side-effects , people could take a signal. Will likely be again to get more. Thank you

  4. I have been absent for some time, but now I remember why I used to love this blog. Thanks, I will try and check back more often. How frequently you update your site?

  5. The very root of your writing whilst appearing reasonable at first, did not really sit well with me after some time. Someplace throughout the sentences you were able to make me a believer unfortunately just for a very short while. I nevertheless have a problem with your jumps in logic and you might do nicely to help fill in those breaks. In the event that you actually can accomplish that, I will undoubtedly be impressed.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 16 =