Headline

Desember 2019, Pembebasan Lahan By Pass LIA- KEK Mandalika Clear

Lombok Tengah
Tribunlombok.net – Pemerintah menargetkan proses pembebasan lahan untuk By Pass LIA-KEK Mandalika ditargetkan tuntas pada Desember 2019. Selanjutnya berdasarkan scedul yang ada, Januari 2020 pembangunan By Pass yang direncanakan 8 jalur dengan menghabiskan lahan sekitar 87 Ha dan panjang seki 17 Km tersebut akan dimulai. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekda Loteng, HM.Nursiah kepada wartawan, sabtu ( 22/6/2019 ).

Diterangkan oleh Sekda bahwa, saat ini pemerintah melalui tim konsultan appraisal sedang melakukan tugas untuk melakukan pemetaan guna menentukan harga pembebasan lahan untuk jalan yang diharapkan bisa menunjang MotoGP yang rencananya akan mulai digelar pada tahun 2021 mendatang.

Dalam menjalankan tugasnya, tim negosiasi atau tim appraisal sendiri bekerja berdasarkan mekanisme yang diatur oleh Undang-undang ( UU ). Dimana berdasarkan data yang diperoleh oleh tim, dari total lahan yang terkena oleh pembebasan dimiliki oleh sebanyak 531 orang, dengan luasan lahan bervariasi untuk masing-masing pemilik.

Sementara sampai dengan saat ini, menurut Sekda Loteng, masih ada beberapa desa yang wilayah atau lahannya dilalui oleh By Pass belum menyerahkan data pemilik lahan keoada tim yang ada. Terhadap hal tersebut, saat ini tim dilapangan sedang melakukan penyelesaian.

Diungkapkan pula bahwa, proses pembebasan atau pembayaran lahan milik warga dilakukan berdasarkan mekanisme yang ada. Berbagai proses dilakukan oleh tim, mulai dari proses sosialisasi, pendataan, negosiasi harga berdasarkan ketentuan yang ada, hingga proses pembayaran atau pembebasan.

“September hingga November dijadwalkan untuk proses pembayaran. Desember 2019 untuk pembuatan lahan sudah clear,” ungkap Sekda. ( tl-02 )

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − six =