Headline

Pemkab Loteng Target Semua Desa ODF

Lombok TengahTribunlombok.net —Salah satu upaya dalam rangka pengentasan kemiskinan yang masih cukup tinggi, Pemerinah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah menargetkan semua warga di 127 desa di Lombok Tengah bebas buang air sembarang atau Open Defecation Free (ODF). Target tersebut disampaikan Sekda Loteng, HM Nursiah kepada awak media, Senin (15/4/2019) lalu.
Unlntuk bisa mencapai target bisa ODF tersebut, menurut Sekda, banyak upaya dan terobsan berupa program yang sudah dilakukan. Tahun 2019 ini pihak Pemda Loteng mengupayakan adanya program sharing dengan pihak Pemerintah desa melalui Dana Desa yang dimiliki, twrmasuk juga sharing dengan pihak Pemprov serta pemerintah pusat.Pihak pemkab Loteng berharap supaya ada kebijakan untuk mengalokasikan dana pada sektor kesehatan melalui program pembangunan jamban geratis bagi warga. Untuk pemerintah pusat, Pemkab berupaya untuk menjemput peluang tersebut.Dijelaskan oleh Sekda bahwa, untuk ODF, kebutuhan gizi dan lainnya itu sudah dikuatkan melalui Dinas Kesehatan. Sehingga pihaknya optimis target besar ini bisa tercapai tahun ini. Apalagi desa juga menjadi garda terdepan untuk penuntasan perosalan tersebut. Sementara saat ini. Sejumlah desa yang ada sudah mendapat sertifikat ODF.
“Melihat keseriusan yang dilakuuan pemwrintah serta respon dari masyatakat yang cukup baik, Kita optimis target ini bisa tercapai,” tegasnya.
Sementara Kepala Dinas Kesehatan Lombok Tengah, H.Omdah menyatakan kalau target Loteng bisa mencapai ODF tahun ini, bukan tanpa alasan. Mengingat saat ini sudah sekitar 50 desa yang ada di Loteng telah mndapatkan sertifikasi ODF.
Lebih lanjut Indah menjelaskan bahwa, untuk desa yang belum ODF untuk sementara pihaknya bersama tim terus menggencarkan penyuluhan dan sosialisasi.Sementara mengingat anggaran yang terbatas terkait dengan program tersebut, maka diharapkan supaya pihak Pemdes pro aktif dengan turut memprogramkan pembangunan jamban geratis bagi warga yang belum memiliki, harapnya. ( tl-02 /Adv)

*Kerjasama Tribunlombok.net dengan Bagian Humas dan Protokol Setda Loteng*

Related Posts

  1. Great beat ! I would like to apprentice whilst you amend your website, how can i subscribe for a weblog web site? The account aided me a appropriate deal. I had been tiny bit acquainted of this your broadcast offered vibrant transparent idea

  2. Pingback: cash loans
  3. Pingback: online gambling
  4. Pingback: sildenafil price

Tinggalkan Balasan