Headline

DPRD Loteng Minta Pemda Lebih Intens Awasi Prokes Covid-19

Lombok Tengah, Tribunlombok.net – Demi menghindari penyebaran wabah Covid-19, unsur pimpinan DPRD kabupaten Lombok Tengah meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) lebih intens dengan memperketat pengawasan Protokol Kesehatan (Prokes) terhadap masyarakat.

“Jika kita ingin segera terbebas dari virus Corona, maka Pemda Loteng harus lebih tegas dalam mengawasi penerapan Prokes,” kata Wakil Ketua DPRD Lombok Tengah, H. Lalu Sarjana, SH, Kamis (22/7).

Tidak hanya itu, lanjut politisi PKB Lombok Tengah itu, Pemda juga harus memiliki inovasi atau terobosan yang berpihak kepada masyarakat setelah diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro saat ini.

“Tidak bisa kita pungkiri bahwa PPKM ini memiliki dampak yang kurang menguntungkan bagi para petani, pedagang atau pegiat usaha lainnya. Untuk itu, Pemda harus memikirkan solusi yang tepat bagi mereka,” imbuhnya.

Biar bagaimanapun, PPKM merupakan instruksi pemerintah pusat dalam meredam penyebaran Covid-19 yang dilakukan secara menyeluruh di semua Kabupaten/kota. Untuk itu, masyarakat harus memaklumi keputusan tersebut demi kebaikan bersama.

“Syukurnya, kita di Lombok Tengah ini masih menerapkan PPKM skala mikro sehingga ruang gerak atau aktivitas ekonomi masyarakat masih bisa berjalan. Namun, dari sisi penghasilan mungkin berkurang karena ada pembatasan. Sehingga Pemda harus segera mencarikan solusi terbaik,” pintanya.

Pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi gerakan Pemda Lombok Tengah yang telah tanggap melakukan vaksinasi terhadap masyarakat. Namun, disisi lain karena keterbatasan stok vaksin mengakibatkan beberapa masyarakat belum dapat menerima vaksin.

“Animo masyarakat untuk divaksin cukup tinggi. Hanya saja ketersediaan vaksin saat ini masih kurang. Ya tentu kita berharap Pemda segera mendapatkan vaksin. Bila perlu langsung minta ke Pemerintah Pusat agar semua masyarakat Lombok Tengah tervaksin,” ungkapnya.

Dewan Dapil IV Praya Barat – Praya Barat Daya itu juga menyarankan agar Satgas Covid-19 di kabupaten Lombok Tengah tidak hanya melakukan sosialisasi Prokes seperti penggunaan masker saja, namun perlu juga untuk dilakukan sosialisasi akan pentingnya berolahraga dimasa pandemi saat ini demi meningkatkan imun.

“Sosialiasi terhadap masyarakat akan berolahraga juga perlu kita lakukan. Namun tentu harus dengan standar Prokes. Seperti halnya senam dengan mengatur jarak. Itu bisa kita terapkan di masing-masing desa,” usulnya.

Ditegaskan bahwa penerapan Prokes terhadap masyarakat sudah menjadi instruksi DPP PKB, sehingga pihaknya juga selalu turun ditengah masyarakat untuk memberikan himbauan akan pentingnya menerapkan Prokes.

“Musibah besar ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, namun tanggung jawab semua pihak. Dan mari kita sama-sama berdo’a agar Allah mengangkat Covid-19 ini. Kita juga harus ikhtiar dengan selalu menerapkan Prokes”, pungkasnya.(tl-02)

Related Posts

Tinggalkan Balasan