Headline

Waou, Nyale Mulai Muncul di Kuta dan Selong Belanak

LOMBOKTENGAH/tribunlombok.net—Cacing wawo atau biasa disebut Nyale mulai muncul dipermukaan. Nyale ditemukan oleh warga di sepanjang pantai Selatan Lombok Tengah pada Ahad pagi (24/2).

Pantauan tribunlombok.net, masyarakat turun melakukan Bau Nyale di pantai Selong Belanak, seger dan sejumlah tempat lainnya. Hasilnya cukup memuaskan. Warga mendapat Nyale dalam jumlah yang cukup banyak.

Salah satu warga Desa Kuta, Kecamatan Pujut yang dikonfirmasi tribunlombok.net, Azam menjelaskan, warga Kuta dan sekitarnya biasa mencari nyale selama tiga sampai empat hari. Dan pada hari Ahad nyale sudah mulai muncul.

“Kami menyebut ini Nyale awal atau Nyale Aik. Tapi jumlahnya sangat banyak. Kalau sudah muncul seperti ini, puncaknya kami prediksikan akan muncul pada Senin pagi dan warna nyalenya akan sangat terang dan besar-besar,”  terang Azam.

Karena melimpahnya tangkapan, Nyale bisa didapatkan di pasar Kuta bahkan sampai pasar Sengkol. Pasalnya, warga yang turun menangkap Nyale tidak hanya untuk konsumsi sendiri. “Saya dapat banyak hari ini. Sebagian dibawa pulang untuk konsumsi dan sebagian lagi dijual,” ceritanya.

Terpisah, Kepala Desa Selong Belanak, Lalu Yahya menjelaskan, Nyale juga ditangkap warga Selong Belanak pada Ahad pagi.  “Lumayan banyak yang dapat di Selong Belanak. Kebetulan kita di Selong Belanak sudah mengadakan acara hiburan sejak Ahad malam. Selesai hiburan masyarakat turun ke pantai mencari Nyale,” terangnya.

Seperti tempat lain jelas Yahye, Puncak Bau Nyale di Selong Belanak dilakukan pada Senin pagi. Pada Ahad malam, pemdes Selong Belanak akan menghibur warga dengan Band Maiq Meres Music. Sedangkan pada Sabtu malam, masyarakat yang datang Bau Nyale dihibur dengan Drama Marong. (tl/01

 

Related Posts

  1. With everything which seems to be building within this particular subject matter, your viewpoints tend to be relatively refreshing. Nevertheless, I appologize, because I do not give credence to your entire plan, all be it refreshing none the less. It seems to us that your remarks are actually not entirely validated and in simple fact you are generally yourself not really completely convinced of your point. In any event I did take pleasure in looking at it.

  2. I just want to tell you that I am just new to blogging and really liked you’re web-site. More than likely I’m planning to bookmark your site . You surely have fabulous posts. Kudos for sharing your web-site.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen + 13 =