Headline

Pilkades Rembitan Memanas, Kantor Desa di Segel

PRAYA

Tribunlombok.net – Pemilihan kepala desa (Pilkades) di Desa Rembitan Kecamatan Pujut ternyata tidak berjalan dengan mulus. Bahkan sehari setelah dilakukan pencoblosan, ketegangan terjadi di Desa itu, hal itu akibat dari kekecewaan salah satu bakal calon yang menuding banyak kecurangan. Bahkan dalam melampiaskan kekecewaan itu, masyarakat melakukan penyegelan terhadap kantor Desa. Mereka meminta kepada panitia untuk melakukan penghitungan ulang, karena surat suara yang dicoblos lebih dari satu kali malah disahkan oleh panitia, padahal di Desa lain kalau pencoblosan lebih dari satu kali maka dianggap batal.“Yang jelas kami meminta perhitungan ulang, karena sangat banyak kecurangan. Banyak terlihat kertas suara yang disahkan oleh panitia, padahal banyak di Desa lain kalau surat suara dicoblos dua kali maka itu batal,”ungkap Arifin Tomi salah satu kandidat yang melakukan perotes, Kamis (25/10). Lebih jauh disampaikan, bahwa pihaknya legowo menerima kekalahan jika pemilihan dilakukan secara baik. Untuk itu, pihaknya hanya meminta kepada panitia untuk melakukan penghitungan ulang kepada surat suara, agar yang dicoblos dua itu tidak disahkan. “Apa susahnya melakukan penghitungan ulang agar tidak terjadi apa- apa,”jelasnya.Selain mengesahkan surat suara yang dicoblos dobel, pihaknya juga menilai bahwa banyak Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dobel namanya, tapi semua menggunakan hak pilihnya.“Banyak DPT yang mencoblos dua kali, sehingga jumlah surat suara membengkak,”tegasnya.

Pihaknya mengaku sangat dirugikan dengan berbagai permasalahan itu, karena memang suara- suara tersebut, diduga masuk pada calon yang menang. Sehingga atas temuan- temuan tersebut, pihaknya bersama tim sangat keberatan sangat keberatan. “ Kami hanya meminta perhitungan ulang secara manual disemua TPS tersebut,kami tidak bertanggung jawab jika akan terjadi hal- hal yang tidak kita inginkan bersama,”jelasnya.Sementara itu, ketua panitia Pilkades Rembitan, Lalu Gazal mengaku bahwa semua proses Pilkades sudah dijalankan sesuai dengan aturan yang ada, pihaknya mengakui mengesahkan surat suara yang dicoblos dua kali, karena memang tidak mengenai calon yang lain dan sudah ada dalam peraturan.“Karena lipatanya tidak dibuka sepenuhnya maka saat dilakukan pencoblosan, tembusanya ada dua. Hanya saja, karena hanya mengenai satu calon dan yang lainya ada diluar poto calon, maka tetap kita anggap sah,”ungkap Lalu Gazali saat ditemui dikediamanya.Terkait dengan adanya masyarakat yang memilih lebih dari dua kali, pihaknya sampai saat ini memang belum mengetahui secara pasti, namun ia memastikan hal itu tidak ada. Karena saat pemilihan juga dilakukan pengawalan yang sangat ketat. “Yang jelas kami melakukan sesui dengan ketentuan yang berlaku dan kita sudah plenokan, karena memang sudah tidak ada masalah,”tegasnya.Diakuinya, di Desa rembitan yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) ada 7522 dan yang menggunakan hak pilihnya sekitar 6032,kalaupun saat ini ada protes dari salah satu kandidat, maka pihaknya menyarankan agar melayangkan gugatan kepada Kabupaten. “Kita sudah pleno, maka silahkan yang menggugat bisa lewat panwas atau kabupaten,”tegasnya.Sementara itu, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakaat dan Desa (DPMD) Lombok Tengah, Jalaluddin menegaskan bahwa banyak di Desa yang memang mengesahkan dua pencoblosan tersebut, hanya saja dalam aturan bahwa itu tetap tidak sah. Untuk itu, ada beberapa desa yang memang melakukan perhitungan ulang, meskipun ia tidak menyebutkan nama desa tersebut. “Yang jelas kalau dua pencoblosan itu batal. Kita tetap mengacu kepada aturan yang berlaku,” pungkasnya (tl-03)

Related Posts

  1. There are definitely a whole lot of particulars like that to take into consideration. That may be a nice level to deliver up. I offer the ideas above as basic inspiration however clearly there are questions like the one you carry up where a very powerful thing will be working in sincere good faith. I don?t know if greatest practices have emerged around things like that, but I’m positive that your job is clearly recognized as a good game. Each girls and boys really feel the impression of only a second’s pleasure, for the rest of their lives.

  2. Thank you a lot for providing individuals with remarkably superb opportunity to discover important secrets from this site. It can be very amazing and as well , packed with a good time for me and my office colleagues to visit your blog at the least 3 times in 7 days to find out the latest guidance you have got. And indeed, we’re at all times impressed with all the tremendous strategies served by you. Some 2 areas in this post are indeed the most beneficial we have all had.

  3. Hey there! I’m at work browsing your blog from my new iphone! Just wanted to say I love reading through your blog and look forward to all your posts! Carry on the great work!

  4. It’s appropriate time to make some plans for the future and it is time to be happy. I have read this post and if I could I wish to suggest you few interesting things or tips. Maybe you can write next articles referring to this article. I want to read more things about it!

  5. (NDTV) – a works seep if the manful reproductive semi-annual is stimulated. It is called as the outdo helplessness medication as it is tariff functional, shows its effects faster, non-poisonous, and reliable. Basic ingredient of generic put up of viagra substitute non prescription is same to its brand i.e. Sildenafil Citrate. July – 20, 2019 1:53

  6. Nice post. I discover something tougher on diverse blogs everyday. Most commonly it is stimulating to learn content from other writers and use a little something from their website. I’d would rather apply certain using the content in this little blog regardless of whether you do not mind. Natually I’ll offer you a link in your web weblog. Many thanks for sharing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 2 =